Jumat, 04 Okt 2019, 20:14:50 WIB, 622 View Administrator, Kategori : Keagamaan

MABIT ( Malam Bina Iman dan Taqwa) adalah kegiatan yang di lakukan pada malam hari yang bertujuan untuk membina iman dan taqwa seseorang untuk menjadi lebih baik lagi daripada yang sebelumnya.
MABIT yang dilakukan oleh IKMI Provinsi Riau dengan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya:

  1. silaturahmi dengan orang lain
  2. sholat berjamaah
  3. mengaji Al-qur’an
  4. materi keislaman (ceramah)
  5. makan bersama
  6. tayangan video islami
  7. tadarus Al-qur’an
  8. qiyamul lail

kegiatan ini dilakukan di gedung  IKMI Provinsi Riau sudah memasuki tahun kedua, dimana sekolah Tingkat SMP se-Kota Pekanbaru dilibatkan sebagai peserta aktif dengan mengutus perwakilan siswa dari unsur Rohis sebanyak 40 orang setiap angkatan. begitupun dengan SMPN 1 Pekanbaru dalam kegiatan MABIT kali ini mengikutkan perwakilan siswa sebanyak 20 orang yang terdiri dari 10 orang dari OSIS dan 10 orang lagi dari Rohis. 

Sementara itu dari pihak sekolah dihadiri oleh Kepala Sekolah Hj. Yusra, M.Pd dan Guru Agama SMPN 1 Pekanbaru. Kepala sekolah dalam kesempatan tersebut mengaku sangat senang dengan kegiatan Mabit.

“Kegiatan Ini telah mendapatkan izin dari orangtua sehingga para siswa yang hadir mesti benar – benar maksimal dalam kegiatan mulia ini,” ucapnya.

Kegiatan yang berlangsung itu akan menjadi titik awal program pemberdayaan keagamaan di kalangan millenial ke depannya.

“Insya Allah, kita akan teruskan model pemberdayaan yang seperti ini. Insya Allah bersama Allah kita bisa. Tanpa (bersama) Allah Kita bukanlah apa -apa , olehnya kegiatan Ini adalah wujud harapan besar Agar Allah senantiasa membimbing ,merawat dan mengarahkan kita semua. Dan, kita Berharap di SMPN 1 Pekanbaru melahirkan generasi pecinta, penghafal , pengamal dan pejuang Qur’an yang siap menjadi suluh kebaikan bangsa dan negara yang kita cintai,” tutup Hj. Yusra, M.Pd

Ia menambahkan, kegiatan Mabit bertujuan mendidik kemandirian siswa dan menambah pengetahuan keagamaan. “Selain itu, memperkuat akidah siswa dalam menghadapi era globalisasi dan informasi,” tuturnya.

Ia menjelaskan, Mabit dimulai Jumat (23/8) setelah shalat Ashar, dan berakhir Sabtu (24/8) pagi. Seluruh peserta menginap di gedung IKMI Provinsi Riau.

Siswa tidak hanya mengerjakan shalat fardhu berjamaah dan tadarus Alqur'an. Mereka  juga dikenalkan beberapa sunnah dalam Agama Islam, seperti zikir pagi dan petang, salat witir di awal waktu, salat syuruk, dan lain-lain.*/pgs



Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
Kamis, 11 Feb 2021, 12:18:46 WIB, Dibaca : 62 Kali
PENGUMUMAN KELULUSAN PPDB 2020/2021
Kamis, 09 Jul 2020, 09:19:23 WIB, Dibaca : 743 Kali
PPDB 2020
Kamis, 02 Jul 2020, 11:37:05 WIB, Dibaca : 383 Kali

Tuliskan Komentar